Demonstran Iran Serukan Keluar dari Pakta Nuklir Sepenuhnya

Demonstran Iran Serukan Keluar dari Pakta Nuklir Sepenuhnya

Aksi unjuk rasa mendukung keputusan Iran mengurangi komitmennya di bawah kesepakatan nuklir pada Juma 10 Mei 2019 (Foto: Abdolraman)

Teheran, Jurnas.com – Iran mengadakan aksi unjuk rasa nasional untuk menyatakan dukungan atas keputusan Dewan Keamanan Nasional Tertinggi (SNSC) untuk menunda implementasi beberapa komitmen Iran berdasarkan perjanjian nuklir 2015, yang secara resmi dikenal sebagai JCPOA.

Hal itu disebut sebagai tanggapan atas penarikan Amerika Serikat (AS) dari kesepakatan dan kegagalanu Uni Eropa mengkompensasi keluarnya AS dan pemulihan kembali sanksi.



Demonstrasi berlangsung setelah salat Jumat di seluruh wilayah di negara itu. Para demonstran meneriakkan slogan-slogan dan memegang plakat untuk mendukung keputusan tersebut.

Demonstran di Teheran mengeluarkan pernyataan yang menyambut keputusan SNSC dan memperingatkan AS terhadap setiap provokasi lebih lanjut terhadap negara Negeri Para Mullah.

Pernyataan itu juga menyerukan penghentian kepatuhan penuh pada JCPOA jika anggota tetap, sepreti Uni Eropa gagal menegakkan kewajiban mereka berdasarkan kesepakatan.

“Kami sangat menuntut penghentian penuh untuk pelaksanaan komitmen sepihak oleh Republik Islam Iran dan mencari jalan keluar penuh dari perjanjian ini jika negara-negara Uni Eropa terus melanggar upaya mereka,” kata pawai dalam pernyataannya.

Iran telah mengadu ke Uni Eropa untuk implementasi mekanisme keuangan Eropa yang telah lama tertunda yang dirancang untuk memotong sanksi AS.

TAGS : Iran Amerika Serikat Kesepakatan Nuklir

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/52459/Demonstran-Iran-Serukan-Keluar-dari-Pakta-Nuklir-Sepenuhnya/

Post Author: admin

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz